Cara Menambah Widget atau Gadget

Menambah Widget atau Gadget-Hampir semua yang pernah membuat blog pernah menambahkan widget ke blog mereka. Kepada yang baru belajar blog sebaiknya widget juga ditambahkan. Menambah widget di Blogger sangat mudah.

Untuk blog pemula sudah mengenal cara pengaturan awal blog blog,  cara posting di blog, cara mengganti template,cara edit template, masih terasa kurang kalau belum mengetahui cara menambah widget.

Pengertian Widget

Sebelumnya akan lebih baik mengenal dulu apa itu widget. Widget adalah aplikasi yang berdiri sendiri yang terdapat di sebuah situs atau pihak ketiga pada halaman pengguna. Widget memungkinkan pengguna untuk mengubah konten pribadi kedalam aplikasi web dinamis. Kepada para senior kalau salah mohon dikoreksi.

Belum mudeng juga?..sama..tidak apa-apa sebagai blog pemula semua juga begitu termasuk saya. Baiklah, widget kalau di blog biasanya di pasang di sidebar, header, fouter. Contohnya Profile, Pengikut, Recent Posts, Recent Commant, Related Posts, Populer Posts dan lain.

Widget befungsi sebagai pendukung blog atau dapat juga dikatakan sebagai pendukung content. Widget juga menguatkan tema blog, dapat juga mempercantik tampilan blog. Yang perlu disadari juga pada blogger pemula widget juga dapat mengurangi dari kualitas blog itu sendiri seperti kalau widget yang dipasang tidak sesui dengan niche blog. Kalau terlalu banyak memasang widget juga berpengaruh pada loading blog itu sendiri. Blog menjadi lambat diakses. Jadi pintar-pintarlah memilih widget. Pasang widget sesui kebutuhan saja yang tidak perlu di buang agar blog tampil maksimal.

Menambah Widget

caranya:

1. Login ke Dasbor Blogger dengan account anda.
2. Klik "Rancang"
3. Pada halaman elemen laman klik "Tambah Gadget"
4. Di halaman tambah gadget pilih salah satu gadget yang yang mau dipasang dengan cara klik tanda "+"



5. Selanjutnya ikuti isi atau ikuti perintah yang ada, pada tampilan yang baru muncul.
6. Setelah selesai jangan lupa disimpan
7. Selesai.

catatan:

Pada tampilan tambah gadget pilihannya banyak sekali. Terlihat pada gambar ada beberapa kategory gadget. Pada gambar artikel ini hanya terlihat kategory Dasar-dasar.  Anda dapat memilih lebih banyak lagi Gadget, klik saja kategory yang lain pada samping kiri atas. Pilihannya yaitu dasar-dasar, unggulan, paling populer, gadget linnya, tambahkan milik anda.

Demikian kawan-kawan semoga cara menambah widget ini dapat membantu yang baru membuat blog atau yang mau belajar blog.

0 comments: Cara Menambah Widget atau Gadget

Posting Komentar

Bagi yang mau comment, mohon tidak spam, pengulangan kata huruf berkali-kali terditeksi spam.

 

Langgan Artikel


Gratis berlangganan artikel via RSS FEED

Atau berlangganan FEED via email :


Pengikut

Copyright © 2012 Membuat Blog Gratis | Powered by Blogger