Topik Blog Menurut Kebutuhan Pasar

Membuat topik blog menurut kebutuhan pasar merupakan ide yang baik. Banyak sekali blog baru bermunculan mengangkat tema sesui dengan kebutuhan ceruk pasar, hal ini banyak dilakukan oleh blogger yang sudah berpengalaman. Apalagi tujuannya selain mendatangkan pengunjung dan berujung menambah pengasilan.

Pada artikel yang lalu tentang topik blog berdasarkan hobi. Dimana disitu ditinjau dari segi keuntungan dan kelemahan beserta kesimpulan dijelaskan dibawahnya. Bagi yang belum membaca sebaiknya ikuti dulu artikel tersebut karena postingan ini masih berkaitan.


Pertibangan topik blog sesui kebutuhan pasar.

Sesui kebutuhan pasar maksudnya adalah banyak peminat yang akan kita jadikan topik blog, tapi persaing rendah. Ini dinamakan dengan hot market. Hot market bisa saja termasuk hobi atau diluar hobi. Menemukan hot market tentu mempermudah persaingan di searh engine, dengan demikian kemungkinan blog tampil dihalaman depan google. Intinya menemukan suatu topik yang masih jarang dibahas tapi banyak peminat.

Yang menjadi kendala adalah, kalau topik tersebut tidak sesui dengan keahlian. Kalau memaksakan mau diisi  apa blog tersebut. Misalnya seseorang yang yang ahli dibidang teknisi komputer tapi karena tema tersebut persaingan tinggi dia beralih ke tema masakan Indonesia, karena tema tersebut masih belum tergarap. Karena terlalu memasakan diri blog tidak ada isinya atau hasil copy paste semua. Kalau yang begini dijamin blog akan mati.

Kalau terlalu takut masuk pada ceruk pasar yang ramai dengan arti kata memilih topik berdasarkan keahlian pada hal sepi peminat blog tentu juga kurang berkembang. Dijelaskan pada postingan yang lalu. Ini sebenarnya sesuatu hal yang rumit untuk mengambil keputusan.

Solusinya adalah:

Kalau anda seorang yang baru mengenal dunia blog sebaiknya buatlah blog berdasarkan keahlian. Sangat sulit anda akan bersaing dengan mereka yang sudah ahlinya dibidang yang lain.

Kalau anda seorang yang sudah pernah membuat blog sebaiknya buatlah blog berdasarkan kebutuhan pasar, dengan catatan bidang tersebut anda tidak buta sama sekali. Dengan demikian sambil membangun blog anda juga belajar dibidang tersebut, tapi ingat jangan mengisi blog dengan mengopas artikel orang lain, isilah blog dengan postingan yang original. Dengan postingan yang original blog anda terlihat baik dari searh engine dan sesama blogger yang lain.

Satu hal lagi jangan buat blog tutorial kalau anda masih baru. Karena blog tutoraial sudah sangat banyak dan sangat sulit bersaing disini. Blog pertama saya juga bukan tutorial tapi sesui hobi saya yaitu mengenai tanaman hias, blog tutorial  ini hadir setelah saya membuat beberapa blog. Blog ini bertujuan untuk mempermudah saya dan mungkin kawan-kawan saya yang masih pemula. Tutorial ini berurutan dari awal dan sebisa mungkin saya isi dengan tutorial yang penting-penting saja.

Dengan topik blog berdasarkan kebutuhan pasar ini semoga dapat membantu, tapi semuanya terserah anda.

2 comments: Topik Blog Menurut Kebutuhan Pasar

Unknown mengatakan...

Kalau menurut anda blog personal bagus gak!

Jos mengatakan...

@Admin teks di blogspot
Menurut saya semua blog itu bagus, yang membedakan tergantung tujuan blog dan cara mengisinya

Posting Komentar

Bagi yang mau comment, mohon tidak spam, pengulangan kata huruf berkali-kali terditeksi spam.

 

Langgan Artikel


Gratis berlangganan artikel via RSS FEED

Atau berlangganan FEED via email :


Pengikut

Copyright © 2012 Membuat Blog Gratis | Powered by Blogger