Lakukan 4 Langkah Pada Blog Baru

Langkah Awal Blog Baru

Selamat anda sudah berhasil membuat blog gratis di blospot. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Setting Awal Blog Baru

Setting awal blog baru adalah pengaturan blog secara keseluruhan. Hal ini penting dilakukan! Gunanya untuk memudahkan / mencocokan tampilan dan settingan lain dengan Anda sebagai penguna blog. Setting Awal blog mudah dilakukan hanya butuh waktu beberapa menit saja. Setting blog ini ada fiturnya pada Dasbor blogger. Langkah-langkah setting bisa dilihat di setting awal blog.

2. Pilih Template Blog

Blog baru membutuhkan template sesui dengan topik yang diangkat pada blog tersebut. Template saat ini yang terpasang pada blog adalah standard bawaan bloger. Template yang ada belum tentu cocok. Gantilah template blog yang sesui dengan topik agar menyambung dengan isinya. Untuk menganti template sangat mudah! Blogger sudah menyediakan fitur Rancang Template. Disini ada beberapa pilihan template. Tinggal cocokan dengan blog baru anda. Pada rancang template juga bisa memodifikasi secara on line. Contohnya menganti background, memilih warna dan jenis font, jumlah dan letak sidebar dan footer.Untuk menganti template dan memodifikasi, anda bisa lihat di ganti template.

Kalau kurang puas modifikasi dengan fitur Rancang template, blogger juga mengizinkan edit template secara manual. Dimana pada edit template ini anda bebas mengedit HTML dari template itu sendiri. Tentu saja harus sedikitnya mempunyai pengetahuan dasar HTML untuk melakukan ini. Kalau mau coba caranya ada di edit template.

Template yang ada pada Rancang template ini, Saya kesulitan untuk mengeditnya. Kalau saya lebih senang mengedit template blogger yang keluaran tahun 2006. Menurut saya struktur template nya masih mudah dimengerti. Kalau agan-agan mau ikut lihat di template editan.

Kalau belum bisa edit template atau malas menggedit pakai saja template gratisan yang banyak di internet tinggal download. Tapi harus pintar-pintar memilih. Jangan hanya melihat dari segi tampilan aja tapi perhatikan juga dari segi SEO. Untuk mencari template gratisan anda bisa lihat di zoomtemplate.com bikinan Oom, blogtemplate4u.com bikinan Kang Rochman, btemplate.com. End...Masih banyak lagi cari saja dengan kata kunci "blogger template"

3. Buat Minimal 2 Artikel

Inti dari sebuah blog adalah memposting artikel. Jadi kalau tidak pernah membuat artikel berarti sama saja tidak mempunyai blog. Untuk awal jangan terlalu memikirkan tampilan blog dan SEO, tapi yang terpenting adalah memposting artikel. Biarlah tampilan blog berantakkan yang penting segera membuat artikel. Semakin cepat membuat artikel semakin baik. Kenapa demikian kalau blog belum ada postingan tidak dibaca oleh mesin pencari google.

Buatlah minimal 2 artikel untuk langkah awal. Artikel harus asli bukan hasil copas. Karena mesin pencari tidak suka dengan copy paste. Saya juga anti copy paste. Copas adalah salah satu yang harus dihindari untuk membangun sebuah blog. Mumpung belum terlanjur melangkah lebih jauh jangan lah hal ini dilakukan.

Buatlah postingan yang mewakili karakter anda dan unik. Dengan demikian anda disukai oleh sesama blogger dan mesin pencari. Dengan demikian blog anda akan ramai. Untuk membuat posting bisa dilihat di cara posting.

4. Mendaftar ke Google

Setelah membuat 2 artikel unik daftar blog ke google. Kenapa harus mendaftar ke google. Google adalah mesin mencari di internet yang paling banyak digunakan saat ini di seluruh dunia. Langkah awal tentu mendaftarkan blog kesana agar blog terindek oleh google. Kalau sudah terdaftar berkemungkinan blog dapat dibaca oleh orang lain. Bukankah blog gunanya untuk di publish?. Untuk mendaftar lihat di daftar ke google.

0 comments: Lakukan 4 Langkah Pada Blog Baru

Posting Komentar

Bagi yang mau comment, mohon tidak spam, pengulangan kata huruf berkali-kali terditeksi spam.

 

Langgan Artikel


Gratis berlangganan artikel via RSS FEED

Atau berlangganan FEED via email :


Pengikut

Copyright © 2012 Membuat Blog Gratis | Powered by Blogger