Memilih Nama Domain Blog Sangat Penting

Memilih Nama Domain Blog Sangat Penting. Ada berbagai alasan kenapa pemilihan nama domain harus berhati-hati dan memerlukan research.

Setelah melakukan pencarian panjang topik blog maupun niche blog baik mengunakan yahoo directory, technorati dan di optimasi dengan dua tool gratis google keyword dan google trend maka sampailah pada pemilihan nama domain. Sebenarnya masih banyak tools gratis yang dapat digunakan membantu mencari topik blog, tapi saya rasa langkah awal sudah cukup, kalau tidak kapan membuat blognya. Mungkin sebagian teman saya sudah mulai tidak sabaran.

Apa itu Domain

Domain adalah nama unik sebagai identifikasi nama server seperti web server di internet. Domain mempermudahkan pengguna internet melakukan akses ke server karena tidak ada yang sama dari seluruh web yang ada. Karena keunikannya ini maka posisinya sangat vital dalam blog. Domain adalah bagian dari URL.

contoh domain :
blogspot.com
domainaku.net
mydomain.org

contoh subdomain :
simpletuto.blogspot.com
membuatbloggratis.blogspot.com
blog.mydomain.org

Karena ini tutorial tentang membuat blog gratis di blogspot, lebih tepat judul artikel ini adalah "Kenapa Memilih Subdomain Blog Sangat penting". Jadi memilih subdomain bukan domain dasar. Karena domain dasarnya numpang sama blogspot maka kita hanya memilih nama subdomain. Tapi tutorial ini bisa juga digunakan untuk memilih domain dasar.

Alasan pentingnya memilih nama domain

1. Domain adalah alamat blog yang berfungsi identifikasi nama web server. Untuk mempermudah  akses ke sebuah blog. Yaitu penganti dari IP. seperti penjelasan diatas. Kalau subuah alamat sebaiknya yang mudah dicari dan gampang diingat. Memudahkan penggunjung dan mesin pencari.

Saran saya pilih nama domain berupa kata atau gabungan beberapa kata.
contoh :
tutorialblog.blogspot.com
tutorialbloggratis.blogspotcom
webblogmasjos.blogspot.com

2. Nama domain adalah branding blog anda. Oleh karena nama domain itu unik dan sebagai akses jalam masuk ke sebuah blog maka pengunjung secara tidak sengaja akan mengingat nama domain tersebut. Seiring berjalannya waktu nama blog anda mulai populer diantara blogger. Tidak menutup kemungkinan  nama blog anda akan terkenal. Berarti anda sudah membangun sebuah brand pada sebuah blog.

Siapa yang menyangka website besar seperti yahoo.com google.com facebook.com titter.com akan terkenal seperti saat ini. Merka juga membangun branding mulai dari nol. Karena banyak dibutuhkan, web mereka oleh pengguna internet, seiring dengan itu pula brand mereka juga naik.

Dengan demikian memilih nama domain juga sebaiknya memikirkan branding. Siapa tahu web anda masuk 100 besar atau paling tidak mempermudah mengenal anda di sesama blogger.

3. Nama domain juga sebagai kata kunci dari sebuah web. Mesin penulusuran sangat mempertimbangkan nama domain dan judul blog yang terdapat keyword didalamnya. Bahkan nama domain mendapat poin yang besar oleh mesin pencari menentukan peringkat halaman sebuah web. Dari itu memilih nama domain sebaiknya juga berisikan keyword.

4. Nama domain riskan untuk di ubah. Meskipun membuat blog pada blogspot, mengganti subdomain bisa dilakukan tapi hal ini sangat jarang dilakukan dan merugikan. Kenapa demikian?

Kalau blog baru menganti domain, tentu tidak ada pengaruhnya tapi kalau blog sudah mulai berjalan tentu merugikan. Karena Doamain atau URL sudah terindek google atau mesin pencari lainnya. Begitu juga dengan URL postingan juga sudah ada beberapa yang terindek. , kalau ini dilakukan tentu akan memulai kembali dari nol.

Itulah beberapa alasan kenapa memilih domain blog sangat penting dan harus berhati-hati. Artikel selanjunya adalah cara memilih nama domain, di tunggu aja mudah-mudahan cepat saya publish.

1 comments: Memilih Nama Domain Blog Sangat Penting

MaskedBlogger mengatakan...

sebagai tambahan untuk referensi lihat di http://fricon.tk/2012/01/nama-domain-untuk-blog/

Posting Komentar

Bagi yang mau comment, mohon tidak spam, pengulangan kata huruf berkali-kali terditeksi spam.

 

Langgan Artikel


Gratis berlangganan artikel via RSS FEED

Atau berlangganan FEED via email :


Pengikut

Copyright © 2012 Membuat Blog Gratis | Powered by Blogger